Rabu, 24 April 2013

UJIAN PRAKTIK BAHASA INDONESIA SMPN 37 JAKARTA


PIDATO “B.Inodonesi”
Nama   : Tiani Sabrina                         no.Absen         : 33
Kelas   : IX.5                                       no.Ujian          : 04-201-187-6
*tema : Kiat Remaja Menghindari Narkoba


            Assalamualaikum wr.wb.....
          Kepada Bapak Kepala SMPN 37 Jakarta, guru-guru dan para staf yang saya hormati. Serta teman-teman yang saya banggakan. Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME atas segala nikmatnya, hingga kita bisa berkumpul disini.

          Melalui kesempatan kali ini, saya mewakili siswi kelas IX.5 diperkenankan untuk berpidato mengenai “kiat remaja menghindari narkoba”.
         
Yang dimaksud dengan kiat menghindari adalah bagaimana mengatasi atau mencegah pemakaian narkoba. Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak. Keadaan masa tersebut ternyata mampu menimbulkan kesalahpahaman antara remaja dengan orang tua yakni dalam lingkungannya. Hali tersebut tentunya tidak membantu untuk melewati masa yang wajar. Sehingga terjadinya berbagai macam gangguan tingkah laku seperti penyalahgunaan zat. Salah satu ciri khas masa remaja yaitu daya fantasi yang berlebihan; keterbatasan kemampuan yang ada pada diri remaja menyebabkan mereka yang tidak mampu untuk memenuhi berbagai macam dorongan kebutuhannya.
         
Tindakan yang dapat dilakukan antara lain :
1.     Sikap, yaitu kita para remaja harus mampu merubah tingkah lakunya, dari cara yang kekanak-kanakan menjadi cara yang lebih dewasa.
2.     Mental atau Intelektual, yaitu kita dapat menerima emosionalnya dengan memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan begitu kita dapat membedakan antara cita-cita dan angan-angan dengan kenyataan sesungguhnya.

Menghindari persoalan ini kita para remaja tidak bisa melakukannya sendiri. Ajak masyarakat, guru dan orang tua untuk terlibat aktif. Hal ini akan memberikan dampak yang meluas pada masyarakat. Semua remaja diperlukan wawasan yang tinggi terhadap bahaya narkoba. Pencegahan, tentu saja kiat menghindari narkoba yang terbaik. Seandainya mempunyai teman seorang pecandu, sebaiknya kita melakukan pendekatan, memberikan pengarahan dengan baik padanya, bukan mengucilkannya.

Banyak alasan untuk menolak penggunaan narkoba. Terlalu banyak remaja yang direnggut masa depannya oleh narkotika. Jadi, sudah saatnya katakaan “stop narkotika, sekarang juga!!”.

Demikian, terimakasih atas perhatiannya. Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan.

-Wassalam-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar